SAMUDRA

MARI MAJUKAN MASYARAKAT ENTASKAN DARI KEMISKINAN SEMAMPU KITA

STUDI PENDAHULUAN PENGGUNAAN TEKNIK KULTUR JARINGAN DALAM PEMBIBITAN RUMPUT LAUT

Posted by mustika lautan pada Agustus 25, 2008

Abstraksi

Salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomis penting dan merupakan komoditas unggulan untuk meningkatkan devisa negara, serta dapat meningkatkan inkam bagi masyarakat khususnya masyarakat pesisir pantai adalah rumput laut. Potensi pengembangan budidaya rumput laut di kawasan Indonesia masih sangat terbuka lebar, akan tetapi hasil produksi yang kita hasilkan belum sebanding dengan potensi yang ada, salah satu faktor penyebab permasalahan tersebut antara lain adalah ketersediaan bibit yang sangat kurang. Perlunya metode pembibitan yang baik sehingga tidak menggantungkan bibit dari alam.

Penggunaan teknik kultur jaringan dalam pembibitan rumput laut ini diharapkan mampu menghasilkan bibit yang berkualitas dalam skala massal dan dalam waktu yang relatif singkat, untuk memenuhi ketersediaan bibit tanpa dibatasi siklus musiman, menemukan teknik kultur jaringan yang adaptif dan efisien, sehingga dapat dilakukan oleh seluruh lapisan. Studi pendahuluan teknik kultur jaringan ini mulai dilaksanakan pada bulan juni 2004 di laboratorium kultur jaringan Loka Budidaya Laut Lombok.

Dalam studi pendahuluan kultur jaringan ini dilakukankan dengan menggunakan metode metode padat (solid Method) yaitu metode yang menggunakan media agar dengan komposisi bacto agar 0.8 % dari total air, dan diformulasikan dengan pupuk conway 4 ppm dengan ketebalan 5 mm. Setelah itu dilanjutkan dengan metode cair (liquid method) yaitu metode yang menggunakan air laut dengan salinitas 29-33 promil yang di formulasikan dengan puppuk ZA, UREA dan TSP dengan tempat media yaitu botol kaca kapasitas 2.5 liter.

Hasil dari studi pendahuluan teknik kultur jaringan ini merupakan tahapan untuk diaplikasikan dalam laboratorium kultur jaringan Loka Budidaya Laut Lombok, dan diharapkan mampu untuk menegasikan bahwa bibit rumput laut yang unggul hanya bisa didapatkan dari pembibitan dari alam.

lebih lanjut contak kami

akan terbit:

REGENERASI BEBERAPA VARIETAS RUMPUT LAUT MELALUI TEKNIK KULTUR

JARINGAN TAHAP INDUKSI EMBRIO MENJADI PLANLET DENGAN MENGGUNAKAN

MEDIA MS (Muraishin and skoog)

2 Tanggapan to “STUDI PENDAHULUAN PENGGUNAAN TEKNIK KULTUR JARINGAN DALAM PEMBIBITAN RUMPUT LAUT”

  1. Frida said

    Tiada seindah kata selain senandung doa, tiada sesyahdu syair selain kata maaf. Mari kita rajut silaturrahim. MARHABAN YA RAMADHAN… Mohon maaf lahir & bathin.
    smoga bisnisnya lancar.

  2. K 351 T said

    thanks kunjungannya hib

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: